Ziarah makam Sayyid Abdullah dan Sayyid Abdurrahman Bersama masyarakat desa Mliwang, KKN TEMATIK IAINU Kelompok 3 ikut serta dalam membudayakan kearifan lokal

Mliwang, 9 Agustus 2024

KKN TEMATIK IAINU TUBAN kelompok 03 ikut berpartisipasi ziarah dimakam wali Sayyid Abdullah yang terletak di tebing Mliwang Kecamatan Kerek, dalam ziarah tersebut banyak masyarakat yang berantusias untuk melestarikan budaya lokal mereka, ziarah makam ini dilakukan secara rutin seminggu sekali tepat pada Rabu sore setelah jamaah sholat ashar.

Kegiatan ziarah wali ini bertujuan untuk membangun kebersamaan hubungan antar berbagai elemen masyarakat di desa Mliwang. Dengan ziarah di makam wali ini, diharapkan masyarakat dapat belajar tentang nilai-nilai luhur Islam dan meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.

Dimakam ini para masyarakat melakukan pembacaan yasin, tahlil dan doa bersama, dalam kegiatan ziarah makam ini terutama masyarakat yang mempunyai hajat atau keinginan mereka selalu membawa bucu (dalam istilah bahasa Indonesia yaitu tumpeng),  dengan rutin bergilir membawa bucu tersebut didoakan dan dibacakan tahlil oleh para ahli desa atau biasa disebut dengan juru kunci makam.

“Kegiatan ini dilakukan ketika seorang mempunyai hajat, lalu para masyarakat memutari tumpeng dan berdoa bersama kemudian dibagikan sama rata, ada yang  dimakan disini ada juga yang dibawa pulang” kata pak Gunawan seorang juru kunci di makam Sayyid Abdullah.

Sudah lama kegiatan ini dilakukan dan dijadikan kearifan lokal oleh masyarakat setempat, dengan  harapan para masyarakat dapat berkah dari leluhur yang mendahului mereka.

“Biar mendapatkan keberkahan dari leluhur, maka kita membiasakan berziarah ke makam Sayyid Abdullah, tujuan kita untuk guyub rukun sesama masyarakat toh ya kalau berdoa tetap kepada Gusti Allah” timpal pak Gunawan diakhir.


Penulis: Misbahul Munir kelompok 3 KKN Tematik IAINU Tuban Desa Mliwang


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama