MAHASISWA KKN 07 IAINU TUBAN ADAKAN SOSIALISASI PENCEGAHAN BULLYING DI SDN WADUNG


Wadung, 09 Agustus 2024

Mahasiswa Kuliah kerja nyata ( KKN ) Institut Agama Islam Nahdhatul Ulama (IAINU) Tuban mengadakan sosialisasi pencegahan Bullying di UPT SDN Wadung Kecamatan Jenu Kabupaten Tuban kepada Siswa kelas 5 dan 6. Kegiatan ini sangat penting karena bertujuan untuk meningkatkan kesadaran Siswa terhadap dampak negatif dari Bullying dan memberikan cara pencegahan dan penangananya.

Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Jumat, 09 Agustus 2024 dan di hadiri oleh semua kelas 5 dan 6. Dalam Sosialisasi ini Mahasiswa KKN 07 IAINU Tuban, Nining Dewi Anggraeni menjelaskan dari pengertian Bullying, bentuk-bentuk Bullying, dan bagaimana cara mengatasi atau pencegahan Bullying. “ Bentuk Bullying itu sangat Banyak sekali, dan bentuk Bullying yang sering terjadi di lingkungan Sekolah, baik fisik, verbal maupun Sosial. Salah satu bentuk cara untuk mencegah adanya pembullyian adalah pentingnya saling menghormati dan menjaga perasaan teman” Ujarnya.

Pada pelaksanaan ini Mahasiswa KKN menggunakan Metode Interaktif, yaitu melibatkan aktif siswa kelas 5 & 6. Hal ini dilakukan agar siswa lebih mudah memahami dari materi yang disampaikan, selain itu Mahasiswa KKN juga memberikan tips kepada siswa tentang cara melawan Bullying seperti SAY NO TO “BULLYING” , mencari bantuan kepada Guru atau Orang tua, dan menjaga solidaritas antar teman.

Guru di SDN Wadung, Siti Amimah menyambut baik dengan adanya kegiatan sosialisasi Pencegahan Bullying dan berharap kolaborasi antar pihak sekolah dan Mahasiswa KKN IAINU terus berkelanjutan.

“Kami berharap dengan adanya sosialisasi ini, siswa dapat lebih waspada dan berani untuk melaporkan ketika ada pembullyian di lingkungan Sekolah” Ujar salah satu Mahasiswa KKN.

Dengan adanya sosialisasi ini, diharapakan siswa SDN dapat lebih memahami pentingnya menciptakan lingkungan yang positif di lingkungan Sekolah dan mencegah tindakan Bullying yang dapat merusak mental seseorang dan perkembangan sosial mereka.


Penulis : Nining Dewi Anggraeni

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama