ASISTENSI MENGAJAR PENDIDIKAN FORMAL KKN TEMATIK KELOMPOK 04 IAINU TUBAN DI DESA KASIMAN KEC. KEREK KAB TUBAN

Kasiman, 14 Agustus 2024

Kuliah Kerja Nyata (KKN) adalah suatu proses pembelajaran bagi mahasiswa untuk mengabdi pada masyarakat baik komunitas lokal maupun eksternal.

Seperti halnya KKN yang telah dijalankan oleh kelompok 04 KKN Tematik Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama (IAINU) Tuban. Kelompok 04 KKN Tematik ini melibatkan peserta mayoritas dari luar masyarakat setempat, termasuk dari desa, kecamatan, dan Kabupaten.

Dalam proses KKN ini, karena mereka semua dari fakultas tarbiyah yaitu program studi PAI sebanyak 7 mahasiswa, dari PGMI sebanyak 6 mahasiswa dan dari PIAUD sebanyak 2 mahasiswa, total semua sebanyak 15 mahasiswa KKN Kelompok 04 yang bersangkutan dengan pendidikan, maka mereka terjun juga di lembaga-lembaga pendidikan, yaitu seperti lembaga-lembaga pendidikan formal yang sesuai dengan porsinya.

Desa Kasiman, Kecamatan Kerek adalah tempat berdedikasi kelompok 04 selama kurang lebih 30 hari atau selama 1 bulan, dari tanggal 24 Juli 2024 sampai tanggal 24 Agustus 2024. Mulai dari pembukaan hingga penutupan nantinya. Dalam satu minggu awal mereka fokus pada tema Pendidikan, di Lembaga pendidikan formal.

Pada tahap yang berfokus di pendidikan tersebut mereka ikut serta menyalurkan apa yang mereka punya dan apa yang mereka bisa untuk lembaga pendidikan formal di Desa Kasiman, Kecamatan Kerek.  Pendidikan formal yang ada di Desa Kasiman, antara lain : KB Nurul Iman, TK Tunas Bangsa, RA Al-Hidayah, MI Al-Hidayah, dan SDN Kasiman.

Lembaga pendidikan di pendidikan formal di Desa Kasiman Kecamatan Kerek, antara lain : KB Nurul Iman. KB tersebut terdapat satu ruang kelas, satu ruang kantor Guru dan tempat kamar mandi satu, serta terdapat tempat bermainnya, seperti ayunan dan jungkat-jungkit. Dalam proses pembelajaran di KB tersebut dilaksanakan pada hari Senin-Kamis pada pukul 08.00-09.30 WIB. Muridnya berjumlah 24 anak. 

Untuk TKnya bernama TK Tunas Bangsa. TK tersebut memiliki 2 ruang kelas, yaitu kelas A dan kelas B. Kelas A memiliki murid sebanyak 8 anak. Sedangkan kelas B memiliki murid sebanyak 4 anak, jumlah keseluiruhan murid di TK Tunas Bangsa sebanyak 12 anak. TK tersebut juga memiliki 1 ruang kantor, 1 kamar mandi, dan 1 aula. Mulai masuk kelas pukul 07.30-10.00 WIB.

Dan untuk SDN Kasiman disini terdapat 5 ruang kelas, kelas 1 dan 2 jadi satu kelas dikarenakan dalam proses renovasi, tetapi di batasi, satu ruang kantor guru, satu mushola dan satu kamar mandi. Dan untuk siswanya kurang lebih berjumlah 50an anak. Peserta KKN kelompok 04 di mintai bantuan oleh guru untuk membimbing anak-anak latihan gerak jalan.

Sedangkan untuk MInya. MI Al-Hidayah terdapat 6 ruang kelas, dan satu ruang kantor guru, satu mushola, dan satu kamar mandi. Untuk jumlah siswanya berjumlah kurang lebih 70an anak. Dan peserta KKN juga di mintai bantuan oleh guru untuk membimbing anak-anak latihan gerak jalan.

Para Guru menyatakan sangat senang atas kedatangan Mahasiswa KKN di Desa Kasiman-Kerek ini karena merasa terbantu dengan kegiatan asistensi mengajar yang dilakukan olerh Mahasiswa KKN ini, sebab semua Lembaga Pendidikan formal di Desa Kasiman-Kerek ini kekurangan tenaga pendidik di Lembaga Pendidikan masing-masing.

Peserta KKN kelompok 04 membagi tugas atau menggunakan sistem rolling dalam menempati kelas-kelas yang sudah diuraikan di atas. Kegiatan keikutsertaan di bidang pendidikan formal. Kegiatan mengajar dimulai dari hari senin, 29 Juli 2024.


Penulis : Devisi Pendidikan KKN Tematik Kelompok 04 Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama (IAINU) Tuban, Desa Kasiman Kecamatan Kerek-Tuban.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama