MAHASISWA KKN TEMATIK KELOMPOK 04 IAINU TUBAN MENJALANKAN KEGIATAN ASISTENSI MENGAJAR DI PENDIDIKAN NON-FORMAL DI DESA KASIMAN KECAMATAN KEREK-TUBAN

Kasiman, 04 Agustus 2024

KKN IAINU TUBAN di Desa Kasiman, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban telah di mulai pada hari Senin, tepat tanggal 29 Juli 2024 dan ini akan berlangsung selama kurang lebih 1 bulan kedepan.

Sementara itu, di Lembaga pendidikan non-formal yaitu TPQ, mahasiswa KKN membantu dalam pengajaran Alqur’an dan mendukung berbagai kegiatan yang berkaitan dengan pendidikan moral dan sosial. Keberadaan mahasiswa di TPQ diharapkan dapat memperkaya pengalaman belajar para peserta didik serta memperkuat aspek keagamaan dalam kehidupan sehari-hari mereka.

Salah satu dari proker KKN di Desa Kasiman dalam bidang agama adalah ikut serta dalam mengajar TPQ di Desa Kasiman, dan kegiatan ini tersebar di 3 titik yakni di Dusun Siman (TPQ Nailul Falah, pada pukul 15.30-16.30 WIB), di Dusun Sembungasri (TPQ Ar-Rahman, pada pukul 14.00-15.00 WIB) dan di Dusun Tegalpojo (TPQ An-Nur, pada pukul 15.30-17.00). Untuk kegiatan TPQ ini di lakukan setiap hari senin sampai kamis. Selain mengajar mengaji, mengajar kitab, dan menyimak hafalan anak-anak, Mahasiswa KKN juga memberikan pengetahuan agama lainnya, seperti mengajarkan anak-anak TPQ untuk praktek wudhu, praktek sholat, dan do’a-do’a harian, serta menulis. Semoga dengan sedikit ilmu yang kami bagikan kepada anak-anak TPQ ini bisa bermanfaat untuk kehidupam mereka kelak.

Dalam kegiatan tersebut mahasiswa KKN merasa senang membantu mengajar TPQ tersebut, begitupun dengan anak-anak TPQ juga sangat antusias belajar bersama kakak-kakak KKN.

TPQ sendiri mempunyai peran yang sangat penting dalam membentuk karakter anak sejak dini supaya menjadi pondasi anak agar menjadi pribadi yang baik dan bisa membaca al qur’an sesuai dengan kaidah-kaidah tajwid yang ada. Dengan adanya TPQ sendiri sangat penting untuk menciptakan generasi islam yang qurani. Secara umum memberikan dampak positif dalam meneruskan generasi islami apalagi dalam melaksanakan proses belajar mengajar al qur’an untuk anak-anak guna meningkatkan pemahaman nilai keimanan dan ketaqwaan. Tujuan di lakukannya kegiatan ini adalah untuk menambah pengalaman para mahasiswa dalam bersosialsisasi terhadap masyarakat . Selain itu juga menambah rasa cinta anak-anak pada Al-qur’an,memberikan motivasi kepada anak-anak agar setiap saat membaca dan menghafal Al-qur’an. Kegiatan ini juga mendapat respon positif dari pihak TPQ dan masyarakat setempat.

Program ini diharapkan dapat berlanjut dan terus memberikan manfaat jangka panjang bagi pendidikan di Desa Kasiman-Kerek tersebut. Mahasiswa KKN akan menyelesaikan program mereka pada 24 Agustus 2024, dan diharapkan akan meninggalkan jejak positif yang dapat dirasakan oleh masyarakat setempat.


Penulis : Devisi Pendidikan KKN Tematik Kelompok 04 Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama (IAINU) Tuban, Desa Kasiman Kecamatan Kerek-Tuban.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama