Seminar Digital Marketing dan Sertifikasi Halal UMKM oleh KKN Kelompok 13 Sumberarum


Senin, 12 Agustus 2024

Kelompok Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik 13 dari Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama (IAINU) Tuban menggelar seminar terkait “Digital Marketing Produk UMKM dan Sertifikasi Halal ” di Aula Joglo Desa Sumberarum, Kecamatan Kerek.

Dalam era digitalisasi seperti saat ini, digital marketing menjadi hal yang sangat diperlukan, terutama bagi UMKM yang ingin berkembang. Mahasiswa KKN Tematik  13 Desa  Sumberarum Terang menyadari bahwa kendala yang dihadapi UMKM di Desa Sumberarum adalah dalam sistem pemasaran produk Sehingga acara ini bertujuan  untuk membantu para pelaku UMKM Masyarakat Desa Sumberarum dalam Memanfaatkan dunia Digitalisasi sebagai wadah dalam pengembangan UMKM. 

"Acara seminar tersebut dihadiri oleh 23 peserta baik dari pelaku UMKM maupun tidak yang terdiri dari berbagai latar belakang usaha termasuk pemilik usaha Sambal Cumi,  Katering, kerupuk Rambak, Keripik Pisang, Tempe, Usaha Laundry, serta beberapa organisasi masyarakat dan mahasiswa KKN" kata Alantama.

Harapannya dengan adanya program kerja ini dapat meningkatkan produktivitas UMKM di Desa Sumberarum, serta meningkatkan laju ekonomi masyarakat setempat dan memanfaatkan media online yang ada sehingga produk UMKM dapat dikenal secara luas,” Ubaid, pada sambutan panitia.

Seminar ini menghadirkan 2  narasumber mas Alief Irfan Choiri dan pak Kaerul Huda. Narasumber pertama membahas berbagai topik, pemasaran UMKM, Dan narasumber kedua membahas tentang sertifikasi halal UMKM.

Selain sesi presentasi, seminar ini juga dilengkapi dengan sesi tanya jawab yang berlangsung interaktif. Para peserta antusias mengajukan berbagai pertanyaan terkait masalah produk yang mereka  bawa dan mendapatkan jawaban langsung dari para narasumber.

Narasumber menyampaikan acara ini tidak hanya bermanfaat bagi masyarakat, tetapi juga bagi mahasiswa KKN Tematik 13 yang terlibat.

Seminar ini diakhiri dengan penyerahan cinderamata sebagai apresiasi kepada narasumber. Kelompok KKN Tematik 13 IAINU Tuban berharap kegiatan seperti ini dapat terus dilakukan di masa mendatang untuk mendukung peningkatan pengembangan UMKM di desa.

Penulis : Lisa Z.M dan Muhimatul C.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama