MAHASISWA KKN 07 IAINU TUBAN KOLABORASI DENGAN PEMERINTAH DESA WADUNG ADAKAN ISTIGHOSAH ROTIB AL-ATHOS & KAJIAN MODERASI BERAGAMA


Wadung, 14 Agustus 2024

Mahasiswa Kuliah kerja nyata ( KKN ) 07 Institut Agama Islam Nahdhatul Ulama (IAINU) Tuban berkolaborasi dengan pemerintah desa Wadung mengadakan Istighosah Rotib Al-Athos dan Kajian Moderasi Beragama yang dilaksanakan dimasjid Tanwirul Ibad Desa Wadung pukul 19.00 WIB. kegiatan ini memiliki tujuan untuk memperkuat keimanan serta mempererat tali silaturrahim antara warga.

Kegiatan ini dihadiri langsung oleh beliau abah KH. Rohmat (Asmoroqondi) sebagai pemimpin Istighosah Rotib Al-Athos dan Ust. Jamal Ghofir, S.Sos.I., M.A. sebagai pemateri kajian moderasi beragama.

Acara Ini dimulai dengan kajian moderasi beragama dilanjutkan dengan mahalul qiyam, Istighosah dan pembacaan ratibul Aathas. Ratib Al Athos ini dipilih karena dianggap mampu menghadirkan ketenangan batin dan memupuk rasa kebersamaan di tengah masyarakat.

kepala Desa Wadung, Sasmito meyampaikan apresiasi yang tinggi kepada Mahasiswa KKN 07 IAINU Tuban atas insiatif positif yang dilakukan. ia berharap kegiatan seperti ini dapat terus berlanjut untuk memberikan manfaat yang nyata bagi masyarakat.

Kegiatan ini penting dilakukan untuk memperkuat rasa spiritualitas masyarakat serta toleransi ditengah-tengah masyarakat multikultural saat ini.

Abah KH. Rohmat (Asmoroqondi) mengatakan "Yo ngene iki majelis sing tepak ki. Ono kajiane sakitik, ono rotibe. Dadi masyarakat ki ora jenuh". Artinya "Ya seperti ini majelis yang bagus itu. ada kajiannya sedikit, ada rotibnya. Jadi masyarakat itu tidak jenuh". Begitulah kurang lebih tutur beliau.

Dengan diadakannya Kegiatan ini diharapkan dapat berdampak positif kepada masyarakat setempat dan sekitarnya dalam upaya membangun karakter bangsa yang toleran dan bersatu


Penulis: Mufid Dkk...

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama