Seminar Penyuluhan Hukum di SMKN 3 Tuban: Memahami Nilai Pancasila untuk Mencegah Kenakalan dan Kriminalisasi Anak

Senin, 19 Agustus 2024

Hari ini, SMKN 3 Tuban menjadi tempat diselenggarakannya kegiatan seminar penyuluhan hukum oleh mahasiswa/i IAINU Tuban. Kegiatan seminar ini bertema "Mencegah Kenakalan dan Kriminalisasi Anak Dengan Memahami Nilai Pancasila Dalam Kehidupan Sehari-hari." Acara ini digelar di aula sekolah, dengan menghadirkan pemateri dari LBH (Lembaga Bantuan Hukum) RONGGOLAWE Ibu Suwarti, S. Pd, S.H dan juga dosen sekaligus anggota LKBH (Lembaga Konsultasi dan Bantuan Hukum) IAINU Tuban Ibu Ihda Shofiyatun Nisa’, M.H. Acara tersebut dihadiri oleh beberapa elemen penting sekolah, dan perwakilan kelas XII SMKN 3 Tuban.

Seminar ini diselenggarakan dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran di kalangan pelajar tentang pentingnya memahami dan menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Tema seminar ini muncul sebagai respons terhadap meningkatnya kekhawatiran tentang kenakalan dan kriminalisasi di kalangan anak-anak dan remaja. Dengan pemahaman yang lebih baik tentang nilai-nilai Pancasila, diharapkan para pelajar dapat terhindar dari berbagai masalah hukum dan sosial.

Acara ini merupakan hasil kolaborasi antara beberapa institusi penting, yaitu Mahasiswa IAINU Tuban, SMKN 3 Tuban, dan Lembaga Konsultasi dan Bantuan Hukum (LKBH) IAINU Tuban. Kerja sama ini merupakan contoh sinergi antara akademisi, pendidikan, dan lembaga hukum dalam upaya meningkatkan kesadaran hukum di kalangan pelajar.

Seminar dimulai dengan Menyanyikan lagu Indonesia Raya dilanjut dengan sambutan dari ketua pelaksana kegiatan, Mufidul Barokah Fasya, lalu dilanjut sambutan Kepala Sekolah SMKN 3 Tuban, Bapak Sholahudin yang menyambut hangat kehadiran peserta dan juga tim penyelenggara kegiatan. Dalam sambutannya, Bapak Sholahudin menyampaikan banyak terimakasih kepada mahasiswa IAINU Tuban yang telah menyelemggarakan acara ini serta menekankan pentingnya acara ini sebagai bagian dari upaya sekolah untuk memberikan bekal pengetahuan dan keterampilan kepada siswa dalam menghadapi tantangan sosial.

“Harapan saya, anak-anak nanti mampu mengontrol dirinya agar tidak melakukan kegiatan kejahatan/kriminal”. Ujar beliau.

Dilanjut sedikit penyampaian dari Pak Muslimin, S.Pd.I, M.Pd selaku Dosen IAINU Tuban, dalam sambutannya beliau menginformasikan beberapa fakultas da prodi yang ada di kampus IAINU Tuban.

Pada acara seminar, sesi pertama dipandu oleh Dosen Hukum dari IAINU Tuban, Ibu Ihda Shofiyatun Nisa’, M.H, yang menyampaikan materi mengenai "Pancasila dan Implementasinya dalam Kehidupan Sehari-hari". Bu Ihda  menjelaskan bagaimana nilai-nilai Pancasila, seperti Keadilan Sosial, Kemanusiaan, dan Persatuan, dapat diterapkan untuk membentuk karakter yang kuat dan meminimalisir tindakan kenakalan.

"Nilai-nilai Pancasila adalah fondasi moral dan etika yang sangat penting untuk dipegang teguh dalam konteks kehidupan sehari-hari, penerapan nilai-nilai ini dapat mencegah perilaku yang melanggar hukum dan merugikan diri sendiri maupun orang lain," ujar beliau.

Sesi kedua Seminar dipandu oleh Ibu Suwarti , S.Pd, S.H, di mana beliau menyampaikan materi tentang  kategori tindak kejahatan. “Suatu tindakan kejahatan itu bermula dari prilaku agresif yang terbagi oleh beberapa macam yang kemudian apabila perilaku tersbut dilakukan akan timbul tindak kejahatan atau kriminalitas”. Ujar beliau.

Para peserta seminar, yang terdiri dari perwakilan kelas XII SMKN 3 Tuban, menunjukkan antusiasme yang tinggi selama acara berlangsung. Seorang peserta, Abdul Mui’in menyatakan, "Seminar ini sangat bermanfaat. Saya kini lebih memahami bagaimana nilai-nilai Pancasila dapat membantu kita menghindari masalah hukum dan menjadi pribadi yang lebih baik."

LKBH IAINU Tuban juga berperan penting dalam seminar ini dengan menyediakan materi tambahan dan sesi tanya jawab tentang hak-hak hukum anak dan bagaimana mengakses bantuan hukum jika diperlukan. Pihak LKBH menjelaskan bahwa pengetahuan tentang hak dan kewajiban hukum sangat penting untuk pelajar, terutama dalam mencegah dan menangani situasi hukum yang mungkin mereka hadapi.

Sebagai penutup, acara diakhiri dengan sesi tanya jawab dan penyerahan doorprize kepada peserta dan juga sertifikat kepada pemateri dan SMKN 3 Tuban yang telah berpartisipasi dalam kegiatan ini. Bapak Sholahudin memberikan apresiasi kepada semua pihak yang terlibat, termasuk mahasiswa IAINU Tuban dan LKBH IAINU Tuban, atas kontribusi mereka dalam mensukseskan seminar ini.

"Dengan adanya acara seperti ini, kami berharap para siswa tidak hanya mendapatkan pengetahuan tentang hukum tetapi juga mampu menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan mereka. Ini adalah langkah awal yang penting untuk mencegah kenakalan dan kriminalisasi di kalangan remaja," ujar Bapak Sholahudin.

Seminar ini diharapkan dapat menjadi contoh baik bagi institusi pendidikan lain untuk mengadakan kegiatan serupa, serta memotivasi pelajar untuk terus belajar dan menerapkan nilai-nilai moral dan etika dalam kehidupan mereka sehari-hari. Dengan pemahaman yang lebih baik tentang nilai-nilai Pancasila dan hukum, diharapkan generasi muda dapat tumbuh menjadi warga negara yang lebih baik dan bertanggung jawab.

Penulis: ME. Putra

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama