BIMBINGAN BELAJAR DI DESA KASIMAN KECAMATAN KEREK-TUBAN YANG DILAKSANAKAN OLEH MAHASISWA KKN TEMATIK KELOMPOK 04 IAINU TUBAN

Kasiman, 15 Agustus 2024

Mahasiswa kuliah kerja nyata (KKN) Tematik Kelompok 04 IAINU Tuban mengadakan progam bimbel (bimbingan belajar) mulai dari PAUD, KB, TK, RA, SD, dan MI di Desa Kasiman, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban.

Orang tua dan anak-anak Desa Kasiman-Kerek sangat antusias dalam mengikuti kegiatan yang diadakan para mahasiswa ini. Hal tetsebut dibuktikan bahwa peserta bimbingan belajar ini mencapai 65 anak, notabenya mereka dari PAUD, KB, TK, RA, SD, dan MI yang ada di Desa Kasiman-Kerek.

Kegiatan bimbel ini merupakan salah satu bentuk kepedulian terhadap pendidikan anak. Sebab disini anak-anak kurang mendapatkan dukungan belajar darei Orangtuanya. Kegiatan ini juga untuk mengisi waktu luang bagi anak-anak yang tidak mengikuti les di tempat yang berbayar. Juga sebagai bentuk pengenalan kakak KKN kepada Anak-anak yang ada di desa Kasiman-Kerek.

Kegiatan ini dilaksanakan setiap hari Senin sampai dengan Rabu mulai sehabis Maghrib sampai sehabis Isya’. Kegiatan ini diharapklan meningkatkan minat belajar anak, karena banyak siswa yang kurang minat dalam belajar terutama dalam membaca dan menulis.

Materi yang diajarkan disesuaikan dengan materi yang diberikan oleh guru di sekolah. Seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian serta membantu mengerjakan PR jika ada. Juga gerak belajar membaca serta menulis untuk meningkatkan kemampuan motoric halus, minat dan kebiasaan.

Hal itu dilakukan agar anak-anak tidak bosan. Biasanya juga diadakan kuis di akhir pembelajaran. Setiap anak yang bisa menjawab kuis diperbolehkan untuk pulang duluan.

Diharapkan dengan adanya bimbingan belajar di Desa Kasiman-Kerek ini dapat membawa manfaat dan kemajuan terutama dalam semangat menempuh pendidikan bagi anak-anak.


Penulis : Devisi Pendidikan KKN Tematik Kelompok 04 Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama (IAINU) Tuban, Desa Kasiman Kecamatan Kerek-Tuban.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama