Memperkuat Toleransi dan Moderasi Beragama: Kegiatan Mahasiswa KKN 01 IAINU Tuban Bersama Ibu-Ibu Fatayat di Dusun Gendong

Margorejo, 11 Agustus 2024

Mahasiswa KKN  01 IAINU Tuban berhasil menggelar kegiatan moderasi beragama bersama Ibu-ibu Fatayat di Dusun Gendong, Desa Margorejo. Kegiatan rutinan tahlil dan nariyah ini tidak hanya menjadi ajang silaturahmi, tetapi juga menjadi wadah untuk menanamkan nilai-nilai toleransi dan moderasi beragama di tengah masyarakat.

Kegiatan ini dilaksanakan di rumah salah satu warga di dusun Gendong pada tanggal (11/08/2024) dengan melibatkan anggota kelompok KKN 01 yang disambut ramah oleh Ibu-ibu Fatayat. Acara diawali dengan pembacaan tahlil, nariah dan asmaul husna. Dilanjutkan dengan ceramah agama yang disampaikan oleh Abah Kyai M. Muslihan selaku tokoh agama setempat dengan tema “ Merajut Keluarga Sakinah Mawaddah Wa Rohmah”. Dalam ceramahnya, Abah Kyai M. Muslihan menekankan pentingnya menjaga kerukunan di dalam keluarga agar tercipta keluarga yang sakinah, mawaddah warahmah. Dan pentinganya moderasi beragama untuk menjaga kerukunan dalam bermasyarakat, terutama dalam keluarga agar tercipta keseimbangan di dalamnya.

Kegiatan juga diisi dengan ramah tamah. Momen ini dimanfaatkan oleh mahasiswa KKN dan Ibu-ibu Fatayat untuk berinteraksi lebih dekat dan saling berbagi pengalaman

Zumrotun Nafisah selaku perwakilan dari teman teman mahasiswa KKN 01 IAINU Tuban, dalam sambutannya menyampaikan, "Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk pengabdian kami kepada masyarakat. Kami berharap melalui kegiatan ini, nilai-nilai moderasi beragama dapat semakin tertanam dalam kehidupan sehari-hari masyarakat Dusun Gendong, Desa Margorejo"

Sementara itu, Ibu Eli selaku Ketua Fatayat Desa Margorejo menyampaikan apresiasinya atas inisiatif mahasiswa KKN. "Kami sangat berterima kasih atas kehadiran mahasiswa KKN yang telah memberikan semangat baru bagi kami. Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi kami semua," ujarnya.

Melalui kegiatan seperti ini, mahasiswa tidak hanya memberikan pengetahuan, tetapi juga turut aktif dalam membangun masyarakat yang lebih harmonis dan toleran.

Penulis: Nanda Nur Zakiya

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama