PEMBUATAN QRIS TERHADAP UMKM DESA KEDUNGREJO

Kedungrejo, 22 Agustus 2024

QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) adalah standar nasional untuk pembayaran berbasis kode QR (Quick Response) di Indonesia. QRIS dikembangkan oleh Bank Indonesia dan Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI) untuk membuat proses transaksi dengan kode QR lebih mudah, cepat, dan aman.

Melalui Program Kerja KKN, Farid Fadhlurrohman dan Husni Mubarok, Mahasiswa Pendidikan Agama Islam, Fakultas ilmu Tarbiyah, IAINU Tuban. Melakukan rangkaian sosialisasi dan edukasi untuk membantu para pelaku UMKM membuat akun QRIS di Desa Kedungrejo, Kerek, Tuban. (20/08/2024)

Inisiatif ini bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dan kemudahan dalam transaksi pembayaran bagi para pelanggan yang yang sering mengunjungi warung - warung yang ada di desa Kedungrejo.

Dalam Proyek Kerja ini, Mahasiswa IAINU Tuban menggandeng warung - warung yang berpotensi atau sudah besar dalam lingkup daerah Kedungrejo maupun luar desa Kedungrejo untuk memperkenalkan QRIS sebagai metode pembayaran yang praktis dan modern, Harapannya dengan menggunakan metode pembayaran secara digital menggunakan Qris ini dapat membantu Masyarakat dan para pelaku UMKM.

Kegiatan diwali dengan melakukan survey ke beberapa UMKM untuk menanyakan apakah mereka sudah mengetahui adanya QRIS dan apakah mereka mau dibantu dalam pembuatan akun QRIS.

Setelahnya Para mahasiswa IAINU Tuban, mengedukasi dan menjelaskan pada UMKM apa saja manfaat yang diperoleh dalam menggunakan QRIS.

Di akhir, mahasiswa membantu untuk membuat kan akun Qris untuk para pelaku UMKM. Harapannya akun Qris yang sudah dibuat tersebut dapat langsung diaplikasikan para pelaku UMKM dan memberikan kemudahan bagi bisnis mereka.

Penulis: Farid

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama