Sosialisasi Upaya Meningkatkan Semangat Belajar Al-Quran di TPA Tarbiyatul Umam

Temandang, 16 Agustus 2024

Pukul 15.00 WIB, KKN Kel 11 IAINU Tuban menggelar acara sosialisasi untuk meningkatkan semangat belajar Al-Quran di kalangan anak-anak di TPA Tarbiyatul Umam Desa Temandang. Acara ini merupakan hasil kerja sama antara KKN Kelompok 11 dan ustadz/ustadzah TPA Tarbiyatul Umam.

Dalam acara yang dimulai pukul 15.00 WIB dan berlangsung hingga selesai, para peserta mendapatkan berbagai edukasi dan motivasi untuk lebih bersemangat dalam mempelajari Al-Quran. Kegiatan ini melibatkan berbagai metode interaktif dan diskusi yang bertujuan agar anak-anak merasa lebih terinspirasi dan termotivasi dalam belajar.

KKN Kelompok 11 turut berperan aktif dalam merancang dan melaksanakan acara ini, sementara ustadz/ustadzah TPA Tarbiyatul Umam memberikan dukungan dan bimbingan selama kegiatan. Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi semangat belajar Al-Quran di TPA Tarbiyatul Umam dan mendorong anak-anak untuk lebih tekun dalam mempelajari kitab suci tersebut.

Kak Sulaiman Lazwar selaku pemateri pada kegiatan tersebut, menyampaikan beberapa poin terkait meningkatkan semangat belajar Al-Qur'an pada anak-anak, diantaranya adalah :

1. Menentukan target 

2. Menikmati proses belajar 

3. Hindari sesuatu yang buruk 

4. Manajemen waktu 

5. Motivasi diri

6. Sabar dalam rintangan belajar 

7. Istiqomah dalam belajar 

8. Tidak lupa untuk berdo'a.

Terdapat doorprize bagi santri yang aktif dalam kegiatan, dari mulai bertanya dan menjawab pertanyaan dari pemateri. Salah satunya adalah santri yang bernama Azzam, ia mampu menjawab pertanyaan yang diberikan Kak Sulaiman Lazwar dengan benar.

Terakhir pesan dari Kak Sulaiman Lazwar kepada para santri, "Kita harus berani bertindak dengan nyata, tidak hanya sekedar bermimpi".

Penulis: M.E. Putra dan Mufidul Barokah Fasya

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama